dewaruci
KRI. Dewaruci

Semarang – Dipimpin oleh Kol.Laut Kisworo dan Komandan Kapal Laut RI Dewaruci, para Cadet Pelaut Asean 2016 diterima Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,  Senin (3/10) di Kantor Setda Jawa Tengah didampingi Plh. Sekda, Asisten Kesra, Kepala Bappeda dan Kepala Biro Humas Setda Jateng. Mereka telah berlayar sejak 10 September 2016 dari Surabaya, Bali, Lombok, Makassar, Balikpapan dan berakhir di Semarang.

“Program Cadet Sail ASEAN 2016 ini adalah wadah kerjasama bidang Navy Kelautan dr para Taruna Angkatan Laut Negara Asean untuk meningkatkan kapasitas & pengalaman serta kerjasama di bidang Hukum, Sosial dan Budaya”, jelas Kisworo.

Cadet Sail Asean 2016 diikuti para Taruna Akademi Laut dari Indonesia, Thailand, Philipina, Kamboja, Malaysia dan Vietnam. Sedangkan dari Singapura sedang berhalangan hadir karena ada panggilan tugas mendadak dari Pimpinan Komando negaranya.

whatsapp-image-2016-10-03-at-11-28-52Gubernur Jawa Tengah menyampaikan terimakasih dan selamat datang di Jawa Tengah. “Bicara soal Laut berarti kita bicara tentang Masa Depan. Maka momentum ini harus dimanfaatkan betul untuk meningkatkan jejaring kerjasama dengan tetap menghormati kedaulatan & hukum masing-masing Negara. Kelak jika kalian menjadi Jenderal maka akan menjadikan media diplomasi yang lebih baik mengatasi masalah kelautan,” jelas Ganjar yang diselingi dengan Bahasa Inggris.

Persoalan laut itu sangat strategis. “Jangan sampai terjadi stereotype bahwa 50 tahun lagi jika kita aware dan peduli soal laut maka jumlah sampah akan lebih banyak daripada jumlah ikan,” pungkas Gubernur berambut putih itu.

(Sumber : Biro Humas Prov. Jateng/Bidang Kewaspadaan)