fpbiKENDAL – Keserasian sosial mengandung makna penting yaitu hubungan yang selaras dan seimbang antar semua komponen bangsa. Akan tetapi oleh karena adanya kepentingan dan keinginan yang berbeda sering timbul permasalahan dalam menjaga keserasian dalam hubungan antar komponen masyarakat.

Jawa Tengah sebagai wilayah NKRI yang memiliki keunikan dan potensial di bidang sumber daya manusia dari berbagai lintas etnis, agama dan budaya. Sumber daya manusia ini harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan gesekan-gesekan yang mengarah pada perpecahan dan ketidak serasian sosial kemasyarakatan.

Menyadari betapa pentingnya menyelesaikan masalah dan menjaga keserasian sosial kemasyarakatan maka Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia ( FPBI ) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Semiloka Masalah Keserasian Sosial Kemasyarakatan pada tanggal 24 Agustus 2016 di Agro Wisata Tirto Arum Baru Km 2,7 Kendal dengan peserta dari FPBI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Generasi Muda Kab. Kendal, dengan tema ” Mensukseskan Masalah Sosial Keserasian Sosial dan Terjalinnya Harmonisasi antar semua Komponen Bangsa “.

Dalam sambutan Kepala Bandan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah yang dibacakan oleh Dra. Sri Surami, M.Si Kabid Ketahanan Bangsa Menandaskan bahwa keserasian sosial kemasyarakatan merupakan modal sosial yang mendasar untuk mengkontruksi keretakan hubungan antar masyarakat yang cenderung semakin melanda Bangsa Indonesia, hal ini tak lepas dari adanya kesenjangan dan kecurigaan antar masyarakat dan berkurangnya solidaritas dan kemampuan untuk memahami dan memandang orang lain, Solidaritas akan menjadi barang langka dan hanya menjadi wacana.